Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris Chapter I

Oke, Setelah kemarin mengerjakan latihan bahasa Inggris. Postingan kali ini saya akan memberi kunci jawabannya. Bagi yang belum tahu soal minggu lalu silakan klik di sini.

1. c
Soal Latihan Bahasa Inggris
Jadi, kalimat yang fungsinya buat mendapat perhatian atau get attention itu yang c. Please, look at me! atau bahasa Indonesianya kira-kira begini: tolong, perhatikan aku!

2. a

Soal Latihan Bahasa Inggris

Kalau kalian pilih opsi yang a, berarti Doni memuji gambaran temannya dengan ngomong How
Beautiful atau kira-kira artinya adalah betapa cantiknya (gambarmu).

3. a
Soal Latihan Bahasa Inggris

Doni, look!
itu artinya kira-kira lihatlah, Doni. Oleh karena kata-kata lihatlah, Doni bisa membuat perhatian Doni teralih, berarti kalimat ini berhasil menarik perhatian

4. b
Soal Latihan Bahasa Inggris

Soal ini kalau diartikan ke Bahasa Indonesia menjadi “Hani menyukai Rumah Lili (Hani like Lili’s house) Menurut Hani, (According to Hani) Rumah Lili sangat bersih (Lili’s house is very clean) Dia ingin menyatakan pendapatnya tentang itu. (She want to say her opinion about it) Hani dapat berkata (Hani can says)”

Ya, kira-kira begitulah artinya. Jadi, option yang kedua itu artinya “Aku pikir, rumahmu sangat bersih (I think your house is very clean). Kalau option pertama itu kayak membentak atau mengejek, dan bentakannya kira-kira artinya kayak gini “Alangkah kotornya rumah ini (what a dirty house)” Kalau option ketiga itu menyatakan pendapat bahwa “saya tidak suka rumahmu (I don’t like your house)” sedangkan option keempat itu malah bertanya tentang “apakah kamu memahami maksudku? (do you understand what I mean)

5. b
Soal Latihan Bahasa Inggris

Nah, untuk nomor 5—8 harus membaca percakapan dulu sebelum menjawab. Dari nomor 5 sampai 8, perintahnya adalah untuk mencocokkan kalimat dengan tipe atau jenisnya.


Untuk nomor 5, kalimatnya adalah “I think you have to tidy up your room” Kalimat ini berarti “aku pikir, kamu harus merapikan kamarmu”. Biasanya, kalau ada subjek yang diikuti kata think (I think/saya pikir) berarti itu say opinion atau menyatakan pendapat. Oleh karena itu, jawaban no 5 adalah option B.

6. d
Soal Latihan Bahasa Inggris

Untuk nomor 6, kalimatnya adalah “Do you understand me?” yang berarti “Apakah kamu mengerti/memahami aku?” bukan masalah peka nggak peka, ya. Maksudnya, kalimat ini menyatakan pemahaman seseorang tentang sesuatu, (bisa tentang perasaan, sih) tapi kalau di sini berarti dia bertanya apakah temannya itu mengerti bahwa ia harus merapikan kamarnya. Jadi, kalimat ini termasuk jenis menanyakan/mengecek pemahaman atau checking understanding

7. c
Soal Latihan Bahasa Inggris

"Look at me, please!” Ini adalah kalimat perintah untuk caper atau meminta perhatian. Tapi anak sekarang capernya harus jadi anak nakal, ya? (Eh malah ngelantur) Ya, jadi “look at me please” artinya adalah “lihat ke aku, dong” (tolong perhatikan saya). Oleh karena perintahnya untuk mencocokkan jenis kalimat, jadi dah tau kan apa jawabannya? (Ada di bawah gambar lho) Ya, yang ask for attention. Ask to atau ask for itu artinya meminta, ya.

8. a

Soal Latihan Bahasa Inggris

No 8, “How diligent you are!”. Apakah Anda sekalian tahu artinya? Saya tahu. Kalau saya dikasih kalimat kaya gitu, saya bisa melayang lho. Karena biasanya saya dibilangin gini, “Males banget kamu”. (bahkan gak pernah pake bahasa Inggris “How lazy you are”) Jadi dah tau maksud tersirat saya? Krik Krik Krik Krik. Bagi yang belum tahu, kalimat untuk no 8 artinya “betapa rajinnya kamu”. Ini memuji, ya, bukan mengejek. Tapi kalau bagi saya, bisa aja kerasa mengejek. Memuji itu bahasa inggrisnya bisa giving praise, giving appreciation. Bisa juga bahasa indonesianya berarti memberi apresiasi, memberi pujian, mengapresiasi, dll. Oke, nomor 8 tuntas.

9. b
Soal Latihan Bahasa Inggris

Di pertanyaannya ada kata except. Tahu nggak artinya apa? Nggak usah jauh-jauh ke google translate, saya kasih tahu aja. kata except ini, artinya kecuali. Jadi, kata yang sesuai untuk mengisi titik-titik ini kecuali yang mana. Kalau beautiful, bisa. Buktinya : alangkah cantiknya gaunmu. Kalau nice, bisa. Buktinya: Alangkah bagusnya gaunmu. Adorable, bisa. Buktinya: Betapa menggemaskannya gaunmu. Ya, tapi kalau adorable a-nya diganti an. Jadinya "What an adorable dress". Kalau beautiful, nice, adorable bisa, kita coba pake sick. "Betapa  sakitnya gaunmu". Nggak bisa kan? Jadi nomor 9 jawabannya b. 

10. c
Soal Latihan Bahasa Inggris

Kata kuncinya ada di pertanyaannya yaitu give opinion. Kalau memberi pendapat itu biasanya pake kata think. Di option lainnya, nggak ada yang cocok untuk memberi pendapat kecuali option c itu.

NB. Minggu depan saya tidak akan update dulu, soalnya lagi menghadapi UTS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Soal Online Bahasa Inggris Chapter I Kelas 8 Kurikulum 2013